Olahraga Yang Baik Disaat Corona

General

Bagaimana cara memulihkan diri dari virus corona? Bagaimana cara menghilangkan sesak nafas? Jenis olahraga apa yang bisa kamu lakukan? Bagaimana cara kembali ke kehidupan sehari-hari Anda dengan benar sebelum sakit?

SehatQ telah menerbitkan ringkasan latihan rehabilitasi dasar dan pedoman untuk orang dewasa yang dirawat di rumah sakit karena COVID-19 parah. Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda untuk memilih latihan yang sesuai dengan kepribadian Anda.

Meredakan dispnea

Setelah keluar dari rumah sakit, pasien sering mengalami sesak napas. Penyebabnya bisa jadi tubuh melemah dan hilangnya kebugaran jasmani karena sakit. Rasa sesak napas dapat menyebabkan kecemasan, yang selanjutnya dapat memperburuk gejala sesak napas. Pendekatan terbaik untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan tetap tenang dan memilih cara paling efektif untuk mengontrol sesak napas.

Gejala sesak napas harus membaik karena orang tersebut secara bertahap meningkatkan tingkat aktivitas harian dan intensitas olahraga. Postur dan teknik di bawah ini dapat membantu Anda menghilangkan sesak napas lebih cepat.

Jika Anda mulai merasakan sesak napas parah yang tidak kunjung sembuh dengan posisi atau teknik tubuh ini, Anda harus menemui dokter Anda.

Teknik pernapasan

Untuk merilekskan dan mengontrol pernapasan Anda, Anda dapat menggunakan teknik berikut:

Duduklah dalam posisi yang nyaman sehingga punggung Anda tersangga dengan baik;

Letakkan satu tangan di dada dan tangan lainnya di perut

Jika itu membantu Anda untuk rileks, tutup mata Anda; jika tidak, biarkan terbuka dan berkonsentrasilah pada pernapasan Anda

Tarik napas perlahan melalui hidung (atau melalui mulut jika Anda tidak dapat bernapas melalui hidung) dan embuskan perlahan melalui mulut;

Saat Anda bernapas, Anda akan merasakan tangan di perut Anda naik lebih tinggi daripada tangan di dada

Cobalah bernapas perlahan, rileks, teratur, dan tenang, sesedikit mungkin berusaha.

Metronomi pernapasan (pernapasan perut dalam yang lambat)

Jenis pernapasan ini berguna saat melakukan aktivitas yang mungkin memerlukan lebih banyak tenaga atau menyebabkan sesak napas, seperti menaiki tangga atau berjalan di jalan raya. Sangat penting untuk diingat bahwa tidak perlu terburu-buru.

Anda dapat memecah tindakan yang dimaksudkan menjadi komponen-komponen yang lebih kecil sehingga setelah selesai orang tersebut tidak cepat lelah dan tidak mengalami sesak napas. Anda perlu menarik napas sebelum melakukan “upaya”, misalnya, sebelum naik satu langkah.

Usahanya sendiri, misalnya saat menaiki anak tangga, sebaiknya dilakukan dengan pernafasan. Mungkin lebih mudah untuk menyelesaikan proses pengangkatan jika orang tersebut menarik napas melalui hidung dan menghembuskan napas melalui mulut. Anda juga bisa membeli inhealer di Toko SehatQ agar dapat bernafas lebih segar

Berolahragalah setelah Anda meninggalkan rumah sakit

Olahraga adalah bagian penting untuk pemulihan dari COVID-19 yang parah. Mereka dapat membantu meningkatkan kebugaran, kekuatan otot, keseimbangan dan koordinasi gerakan, suasana hati dan pemikiran; mengurangi gejala sesak napas dan stres meningkatkan rasa percaya diri dan tingkat energi internal.

penting untuk mematuhi aturan keselamatan saat melakukan latihan fisik , bahkan jika tidak ada kesulitan dengan mobilitas dan jenis aktivitas fisik lainnya selama periode sebelum sakit. Ini sangat penting:

jika orang tersebut mengalami kesulitan dengan mobilitas dalam periode sebelum rawat inap;

jika orang tersebut memiliki riwayat jatuh sebelum atau selama dirawat di rumah sakit

jika Anda memiliki kondisi atau kerusakan lain yang, saat berolahraga, dapat membahayakan kesehatan Anda

jika orang tersebut keluar dari rumah sakit dengan kondisi melanjutkan terapi oksigen di rumah.

Dalam semua kasus di atas, olahraga mungkin perlu dilakukan di hadapan orang lain untuk memastikan keamanan. Semua orang yang menerima oksigen tambahan harus berkonsultasi dengan dokter mengenai penggunaan oksigen selama latihan sebelum memulai latihan tersebut.

Panduan di bawah ini dapat membantu Anda berolahraga dengan aman.

Sebelum melakukan latihan fisik, selalu lakukan pemanasan terlebih dahulu untuk pemanasan, dan baru kemudian beralih ke latihan yang lebih kuat, dan setelah menyelesaikan kelas, jaga pendinginan tubuh secara bertahap.

Kenakan pakaian yang longgar, nyaman dan sepatu yang mendukung. Olah raga bisa dimulai paling cepat satu jam setelah makan.

Minum banyak air

Jangan berolahraga dalam cuaca yang sangat panas. Dalam cuaca yang sangat dingin, olahraga sebaiknya dilakukan di dalam ruangan.

Latihan pemanasan

Pemanasan mempersiapkan tubuh untuk aktivitas fisik untuk mencegah cedera. Pemanasan harus berlangsung sekitar 5 menit dan Anda akan merasakan sedikit napas pendek di akhir pemanasan. Latihan pemanasan bisa dilakukan sambil duduk atau berdiri. Jika pemanasan dilakukan sambil berdiri, Anda dapat berpegangan pada permukaan yang stabil sebagai penyan